TRANSFORMASI KURIKULUM PESANTREN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0
Keywords:
Kurikulum, Pondok PesantrenAbstract
Masyarakat saat ini menghadapi era baru yaitu era society 5.0. pada era ini manusia sebagai penggerak ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi yang telah berkembang di era 4.0. oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus siap mental untuk menghadapi tantangan yang ada di era society 5.0. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana transformasi kurikulum komponen tujuan, materi, media, strategi, dan evaluasi yang dilakukan oleh pondok pesantren. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mengenai transformasi kurikulum komponen tujuan, materi, media, strategi, dan evaluasi yang dilakukan oleh pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era society 5.0. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa di era society 5.0 pesantren harus mampu bersaing dengan instansi pendidikan non formal. Untuk itu pesantren harus menigkatkan kualitas pendidikannya. Pesantren yang ideal salah satunya dapat dilihat dari kurikulum pesantren. Kurikulum pesantren yang ideal harus memiliki tiga tujuan pembelajaran, antara lain transmisi informasi (domain afektif), transfer pengetahuan (domain kognitif), dan transfer pengetahuan (domain keterampilan) (domain psikomotor). Dengan demikian, pesantren harus melakukan transformasi kurikulum yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan kurikulum merupakan komponen yang sangat menentukan dalam kegiatan belajar mengajar. Transformasi kurikulum pesantren dilakukan secara menyeluruh terhadap komponen kurikulum yang terdiri dari tujuan, materi, strategi, dan evaluasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinamika: Jurnal Studi Kepesantrenan dan Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.