Tasawuf Ahklaqi Sebagai Basis Pendidikan Karakter Islam: Kajian Terhadap Buku Kalam Hikmah KH. Muhammad Syamsul Arifin dan Relevansinya dengan Pembelajaran Aqidah Akhlak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan tasawuf akhlaqi dalam buku Kalam Hikmah karya KH. Muhammad Syamsul Arifin serta relevansinya dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di madrasah. Kajian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dengan sumber utama buku Kalam Hikmah dan buku ajar Aqidah Akhlak, yang kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif melalui pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai utama dalam Kalam Hikmah mencakup sabar, tawakal, ikhlas, mahabbah, zuhud, dan syukur, yang semuanya berorientasi pada pembentukan akhlakul karimah. Nilai-nilai tersebut sejalan dengan tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak yang menekankan proses penyucian diri (takhalli), pengisian diri dengan sifat terpuji (tahalli), dan pemantulan akhlak mulia dalam perilaku nyata (tajalli). Integrasi nilai tasawuf akhlaqi ke dalam pendidikan Aqidah Akhlak memiliki relevansi kuat dalam membentuk karakter Islami peserta didik yang berakhlakul karimah, berkepribadian spiritual, serta mampu menyeimbangkan aspek jasmani dan rohani dalam kehidupan. Dengan demikian, tasawuf akhlaqi dapat dijadikan landasan strategis dalam penguatan pendidikan karakter Islam di era modern
Referensi
Abul Qasim Abdul Karim Al-Qusyairi, Risalah Qusyairiyah, Jakarta: Pustaka Amani, 1994
Ahmad Farid, Bahrur Raiq fi Zuhdi war Raqa’iq, Terj Fuad Githa Perdana, Jawa Barat: Pustaka Khazanah Fawaid, 2016
Ahmad Farid, Bahrur Raiq fi Zuhdi war Raqa’iq, Terj Fuad Githa Perdana, Lc, Jawa Barat: Pustaka Khazanah Fawaid, 2016
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002
Bahrudin Rifa’e, Filsafat Tasawuf, Bandung, Pustaka Setia, 2010
Bahrudin Rifa’e, Filsafat Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 2010
Djama’an Nur, Tasawuf dan Tarekat Naqsabandiyah Pimpinan Prof. Dr. H. Saidi Syekh Kadirun Yahya, Medan: Usu Press, 2004
Djama’an Nur, Tasawuf dan Tarekat Naqsabandiyah Pimpinan Prof. Dr. H. Saidi Syekh Kadirun Yahya, Medan: Usu Press, 2004
Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Ensiklopedi Islam Ringkas, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996
Ibrahim Hilal, Tasawuf Antara Agama dan Filsafat: Sebuah Kritik Metodologis, Bandung: Pustaka Hidayah, 2002
Imam al-Ghazali, Mukhtashar Ihya’ Ulumuddin, Depok: Keira Publishing, 2014
Imam Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Terj, Ismail Yakub, Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, 1998
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah
M. Sholihin dan Rosihon Anwar, Ilmu Tasawuf, Bandung: CV Pustaka Setia, 2008
Muhammad bin Shalih al-Munajjid, Silsilah Amalan Hati, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2006
Muhammad bin Shalih al-Munajjid, Silsilah Amalan Hati, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2006
Muhammad bin Shalih al-Munajjid, Silsilah Amalan Hati, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2006
Mukhlis Malik, Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, Studi Kasus di PT. Telkom Witel Medan, 2019
Munawir dan al-Bisri, Kamus Al-Bisri, Surabaya: Pustaka Progressif, 1999
Muzakkir, Studi Tasawuf, Medan, Ciptapustaka Media Perintis, 2009
Muzakkir, Studi Tasawuf, Medan, Ciptapustaka Media Perintis, 2009
RKH. Muhammad Syamsul Arifi, Kalam Hikmah, Yokyakrta, Suka Pres, 2019
RKH. Muhammad Syamsul Arifi, Kalam Hikmah, Yokyakrta, Suka Pres, 2019
RKH. Muhammad Syamsul Arifin, Kalam Hikmah, Yogyakarta: Suka Pres, 2019
Syekh Khaled Bentounes, Tasawwub Jantung Islam, Nilai-nilai Uneversal Dalam Tasawub, Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2003
Syekh Khaled Bentounes, Tasawwuf Jantung Islam, Nilai-nilai Universal dalam Tasawuf , Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2003
Tesis, Mukhlis Malik, Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, Studi Kasus di PT. Telkom Witel Medan
Tim Perumus Cipayung, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Pengelolaan Kurikulum Berbasis Madrasah (Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Untuk Madrasah Tsanawiyah), DepartemenAgama RI, 2003
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 Ayat 1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dinamika: Jurnal Studi Kepesantrenan dan Keislaman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
