Optimalisasi Konsep Bilingual terhadap Sistem Pembelajaran SMA Ibrahimy 1 Sukorejo
الكلمات المفتاحية:
Optimalisasi، Kelas Bilingualالملخص
Makalah ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar peluang dan manfaat dalam menerapkan kelas billingual di SMA Ibrahimy 1 Sukorejo. Kelas billingual sendiri adalah kelas, yang di mana terdapat dua bahasa yang dipakai (bahasa indonesia dan bahasa asing) dalam proses pembelajaran.
Adapun yang melatar belakangi peneliti tertarik untuk membuat makalah ini dikarenakan belum ada instansi pendidikan berbasis pesantren yang menerapkan kelas billingual. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji kemungkinan-kemungkinan penerapan kelas billingual di SMA Ibrahimy 1 Sukorejo, dengan berbekal status peneliti sebagai siswa yang sudah hampir tiga tahun menyaksikan secara langsung terkait dengan kondisi sekolah, yang ternyata masih menyisakan problem internal lembaga yang masih belum terselesaikan.
Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagai sarana untuk mengumpulkan data. Pendekatan ini dipilih dengan menimbang bahwa peneliti berusaha mengkaji fenomena (masalah) yang terjadi secara empiris, atau bagaimana peneliti menyajikan hasil penelitian ini secara objektif, dalam artian apa yang disajikan dalam pembahasan makalah ini merupakan fakta emperis lapangan.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan mengindikasikan bahwa betapa pentingnya siswa SMA Ibrahimy 1 dalam menguasai bahasa asing, khususnya bahasa inggris agar dapat bersaing di era society 5.0. Oleh karenanya, pengimplementasian kelas billingual dapat dijadikan pilihan alternatif oleh sekolah dalam rangka mempercepat penguasaan bahasa asing (bahasa inggris) bagi siswa.
Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada isi makalah ini, maka peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut; pertama, sekolah perlu mengevaluasi manajemen organisasi, merekrut tenaga pengajar yang profesional, dan perlunya pengadaan sarana prasarana yang memadai.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2023 Dinamika: Jurnal Studi Kepesantrenan dan Keislaman

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution 4.0 International License.